Selamat hari raya Galungan dan Kuningan Gede Blog

Rabu, 07 September 2016

Selamat hari raya Galungan dan Kuningan

Ceremony - Selamat hari raya Galungan dan Kuningan . Selamat menjalankan hari raya bagi umat sedharma diseluruh dunia. Hari raya galungan dan kuningan diperingati sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma, kemenangan kebaikan melawan kejahatan. Sebelum hari galungan diperingati hari penampahan galungan, dan setelahnya adalah manis galungan.

Selamat hari raya Galungan dan Kuningan, rentetan acara pada penampahan galungan, kalau di ibaratkan sama dengan potong kurban, hari galungannya seluruh umat hindu sembahyang ke Mrajan gede masing masing, setelah itu manis galungan adalah hari silah turahmi ke sanak family disekitar.

Sejarah dari Selamat hari raya Galungan dan Kuningan adalah pada jaman dahulu terdapat raja yang paling ditakuti yang bernama Mayadanawa, atas kesewenang wenangan beliau dikisahkan ada seorang resi melakukan pertapaan du pura besakih. Dan atas wahyu Ida Sang Hyang Widhi Wasa, diutuslah dewa Indra dari kahyangan untuk turun menumpas kejahatan di mercapada. Akhirnya terjadilah pertempuran yang sengit antara dewa Indra ( mewakili Kebaikan )  melawan raja Mayadanawa ( mewakili kejahatan ) . Dan dewa Indra berhasil memenangkan pertempuran tersebut, inilah asal mula hari raya Galungan dan Kuningan. Yang jatuh pada rabu buda kliwon dukut .

Related Posts

Selamat hari raya Galungan dan Kuningan
4/ 5
Oleh